Daftar Istilah

Daftar Istilah
Kumpulan Daftar Istilah seputar SCI (Spinal Cord Injury) yang dikumpulkan dari berbagai sumber terpercaya dan akan selalu ditambahkan jika ada istilah baru agar lebih lengkap, klik Ctrl + F untuk mencari dengan lebih cepat.

A

B

C
Cedera atau luka adalah sesuatu kerusakan pada struktur atau fungsi tubuh karena suatu paksaan atau tekanan fisik maupun kimiawi.

D
Difabel (Different Ability), disabilitas, atau keterbatasan diri (bahasa Inggris: disability) dapat bersifat fisik, kognitif, mental, sensorik, emosional, perkembangan atau beberapa kombinasi dari ini.

E

F
Fisioterapis adalah seseorang yang telah lulus pendidikan formal fisioterapi dan kepadanya diberikan kewenangan tertulis untuk melakukan tindakan fisioterapi atas dasar keilmuan dan kompetensi yang dimilikinya sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

G
Genital adalah alat kelamin

Grade (tingkatan cidera) Menunjukkan tingkat keterbatasan atau kemampuan dalam beraktivitas yang dilakukan oleh penyandang cidera sumsum tulang belakang.

H

I
Infark sumsum tulang belakang: adanya penyumbatan pada pembuluh darah yang memberi nutrisi bagi sumsum tulang belakang. Ini membuat fungsi saraf di area tersebut menurun.

Inklusifitas adalah keterlibatan seseorang atau kelompok didalam kehidupan yang menyeluruh dan adil.

J

K
Kandung kemih adalah organ dalam yang berfungsi sebagai tempat penampungan air seni yang terletak di bagian bawah perut.

Kateter adalah alat bantu berupa selang kecil yang terbuat dari karet untuk mengeluarkan air seni dari kandung kemih (Internal Catheter)

L
Level cedera adalah Jenis cidera yang dikategorikan sesuai dengan letak kerusakan pada sumsum dan tulang belakang itu terjadi (tulang belakang ada 31 pasang)

Lubrikasi adalah proses yang berlangsung dalam 10 – 30 detik waktu wanita terangsang dimana terjadi pelebaran pembuluh darah pada jaringan yang terdapat dibelakang dinding vagina dan menghasilkan pelumas vagina pada dinding dalam dari vaginanya. Ini disebabkan karena rangsangan fisik.

M
Mielitis transversa akut adalah kelainan imunitas-saraf pada sumsum tulang belakang berupa peradangan saraf tulang belakang.

Multiple Sclerosis adalah rusaknya serat saraf pada tulang belakang oleh sistem imunitas tubuh.

N

O
Orgasme adalah suatu sensasi erotik yang menyenangkan atau secara lebih populer disebut kenikmatan seksual.

P
Paraplegia adalah penurunan motorik atau fungsi sensorik dari gerak tubuh bagian bawah, termasuk dua belah kaki.

Paraplegia parsial (Incomplete): Penderita masih bisa mengontrol beberapa otot dan merasakan sensasi seperti panas atau dingin.

Paraplegia menyeluruh (Complete): Penderita benar-benar kehilangan fungsi otot dan tidak bisa merasakan sensasi apa pun.

Paraplegia spastik: otot-otot tubuh pada bagian yang lumpuh dalam kondisi kaku, mengalami kejang-kejang, dan pergerakannya tidak bisa dikontrol.

Paraplegia flaksid: otot-otot tubuh pada bagian yang lumpuh dalam kondisi lemas dan terkulai. Otot lumpuh yang mengalami kondisi ini bisa mengkerut.

Penyakit Herediter adalah sebutan untuk cacat genetik di mana tubuh bagian bawah penderita melemah secara perlahan dan otot-otot kaki akan membesar serta kaku.

Q

R

S
Sklerosis lateral amiotrofik adalah kelainan degeneratif saraf yang menyebabkan kelemahan otot, cacat, dan kematian.

Skoliosis adalah kelainan pada rangka tubuh yang berupa kelengkungan tulang belakang.

Spina Bifida adalah sebutan untuk beberapa cacat lahir yang memengaruhi perkembangan tulang belakang dan sistem saraf.

T
Tampon adalah alat penyumbat yang terbuat dari katun atau bahan penyerap yang berfungsi untuk menyerap cairan (termasuk darah).

TBC tulang: Infeksi bakteri M. tuberculosis pada tulang.

Tetraplegia, juga dikenal sebagai quadriplegia, adalah kelumpuhan yang disebabkan oleh penyakit atau cedera yang mengakibatkan hilangnya daya kontrol sebagian atau total dari keempat anggota badan (Kedua tangan dan kedua kaki); mirip dengan paraplegia hanya saja tidak mempengaruhi kedua tangan-nya.

Tremor adalah gerakan yang tidak terkontrol dan tidak terkendali pada satu atau lebih bagian tubuh Anda. Tremor biasanya terjadi karena bagian otak yang mengontrol otot mengalami masalah. Tremor menyebabkan gemetar pada tubuh, bagian yang paling sering terkena adalah tangan.

Tulang belikat, tulang punggung atas.

U

V

W

X

Y

Z