Latihan Peregangan Untuk Pengguna Kursi Roda

Latihan Peregangan Untuk Pengguna Kursi Roda

August 1, 2017
1,495 Views

Latihan peregangan ringan untuk pengguna kursi roda – Banyak sekali macam gerakan latihan peregangan otot yang bisa kita lakuka setiap hari di atas kursi roda dan tanpa harus menggunakan alat. Disini akan diberikan 13 contoh gerakan yang bisa dilakukan, mungkin kamu bisa mencoba beberapa gerakan yang akan dijelaskan secara singkat. Yup, langsung saja kita mulai dari gerakan yang pertama..


1. Angkat satu tangan ke atas lalu tekuk siku ke belakang, pegang siku dengan satu tangan lainnya dan perlahan dorong ke arah belakang. Ulangi beberapa kali, dan lakukan pada tangan satunya.


2. Masih seperti gerakan pertama, angkat satu tangan ke atas lalu tekuk siku ke belakang, pegang siku dengan satu tangan lainnya dan perlahan dorong ke sisi dalam. Ulangi beberapa kali, dan lakukan pada tangan satunya.


3. Duduk tegak, satukan kedua telapak tangan kamu dan kaitkan jari jemarinya lalu perlahan angkat kedua tangan ke atas dengan tangan bagian dalam juga menghadap ke atas. Tahan selama 10 detik, ulangi sampai beberapa kali.


4. Tangan pegangan pada arm rest / side guard kursi roda, perlahan putar badan ke kanan dan ke kiri sampai beberapa kali senyaman kamu saja.


5. Kembali ke posisi duduk tegak, lalu satukan kedua telapak tangan kamu dan kaitkan jari jemarinya, perlahan angkat 90 derajat ke depan dengan telapak tangan bagian dalam ke arah depan. Tahan selama 10 detik, ulangi beberapa kali.


6. Putar badan ke kanan lalu pegang siku dengan satu tangan lainnya dan tarik perlahan siku ke kanan beberapa kali. Setelah itu berganti putar ke kiri dan ulangi dengan gerakan yang sama beberapa kali.


7. Secara perlahan badan menunduk ke depan sampai kepala bisa mencium kedua lutut. Tahan 10 detik lalu ulangi dengan perlahan. Jika tidak bisa melakukan gerakan ini karena perut buncit, bisa skip / lewati saja. πŸ˜€


8. Kembali ke posisi duduk tegak lagi, kedua tangan berpegang pada lutut dan goyangkan kepala ke kanan dan ke kiri beberapa kali sampai terasa rileks pada otot leher.


9. Masih seperti gerakan ke delapan tetapi kepala lebih menunduk ke samping lalu kembali lagi tegak, lakukan beberapa kali.


10. Satukan kedua telapak tangan kamu dan kaitkan jari jemarinya ke belakang kepala, dan goyangkan tubuh perlahan ke kanan dan ke kiri bergantian. Lakukan beberapa kali senyaman kamu.


11. Sama seperti gerakan yang ke sepuluh, satukan kedua telapak tangan kamu dan kaitkan jari jemarinya ke belakang leher, lalu secara perlahan kepala menunduk dan kembali tegak, ulangi beberapa kali.


12. Kedua tangan memegang salah satu lutut dan angkat lutut ke atas dengan perlahan tetapi jangan terlalu tinggi. Tahan selama 10 detik lalu turunkan kakimu lagi. Ulangi untuk satu kaki lainnya.


13. Gerakan terakhir hampir sama seperti gerakan ke dua belas, hanya saja angkat salah satu kakimu lebih tinggi dengan dibantu kedua tangan, gerakan ini bisa kamu kombinasikan dengan menggoyang-goyangkan kakimu memakai kedua tanganmu agar otot di sekitar kaki lebih rileks.
Gerakan ini juga bisa mengurangi spastik pada paraplegia atau tetraplegia.

Oke, mungkin cukup 13 gerakan saja dulu. Untuk latihan yang lain menggunakan alat (Gym), akan di posting dalam beberapa waktu kedepan. Jadi, tetap sering mampir ke blog SCI.or.id yaaa. Terima kasih sudah membaca πŸ™‚

Note:
-Apabila kamu masih merasa ragu, kita menyarankan agar ditemani fisioterapis atau keluarga atau teman agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan πŸ˜›
-Di artikel ini tidak diharuskan untuk perulangan gerakan nya sampai berapa kali, bisa disesuaikan dengan kemampuan kamu masing-masing atau senyaman kamu saja.
-Biasakan untuk selalu duduk dengan tegak agar terhindar dari bungkuk dan juga skoliosis.
-Jika kamu ingin menambahkan gerakan lainnya, silahkan tulis saja di kolom komentar di bawah.

4 Comments

  1. Makasih gan infonya. Ditambah untuk peregangan kaki gan, agar tidak kaku terutama jari dan pergelangan kaki.

    • Iya siap, terima kasih masukannya. πŸ™‚

  2. Trima kasih ka infonya,mungkin bisa d tambah latihan2 buat jongkok😊

    • Baik, terima kasih πŸ™‚

Leave A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.