Panduan Memilih Kursi Roda dan Pengukuran Kursi Roda

Panduan Memilih Kursi Roda dan Pengukuran Kursi Roda

October 31, 2016
2,187 Views

Halo temans, di artikel kali ini akan membahas panduan untuk memilih sebuah kursi roda yang tepat, nyaman dan aman serta juga cara pengukuran kursi roda. Pertama yang perlu kamu pahami adalah istilah-istilah dasar yang diperlukan untuk konfigurasi kursi roda.

Di sini kita akan menggunakan gambar sederhana yang berada di bawah ini untuk lebih mudah mengenal tentang;
-Lebar Tempat Duduk
-Kedalaman Tempat Duduk
-Ketinggian Tempat Duduk
-Panjang Kaki
-Tinggi Sandaran

Nah, mari langsung saja kita bahas satu per satu apa itu yang dimaksud dengan 5 poin diatas.

Lebar Tempat Duduk

1. Lebar Tempat Duduk
Lebar tempat duduk ini sangat penting untuk si pemakai kursi roda. Karena harus sesuai dengan ukuran lebar pinggul pemakai kursi roda, contoh: jadi kalau mempunyai pinggul yang besar tapi menggunakan kursi roda yang terlalu kecil maka akan terasa sempit. Sebaliknya, jika mempunyai pinggul yang kecil dan menggunakan kursi roda yang ukuran tempat duduknya terlalu lebar, maka akan kesulitan untuk mengayuh kursi roda.

Kedalaman Tempat Duduk

2. Kedalaman Tempat Duduk
Yang dimaksud dengan kedalaman tempat duduk yaitu jarak antara pinggul pemakai kursi roda ke bagian belakang paha. Pengukuran untuk kedalaman tempat duduk pada kursi roda sangat penting, khususnya ukuran satu sisi dengan sisi lainnya harus tepat, tujuannya untuk menopang berat badan si pemakai kursi roda.

Ketinggian Tempat Duduk

3. Ketinggian Tempat Duduk
Ketinggian tempat duduk ini diukur dari tempat duduk di kursi roda tanpa memakai cushion / bantal sampai ke lantai. Pengukuran ketinggian tempat duduk yang benar akan membuat para pengguna kursi roda efisien dalam mengoptimalkan cara mengayuh roda tersebut. Sehingga pengguna kursi roda tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga.

Panjang Kaki

4. Panjang Kaki
Panjang kaki pada kursi roda ini diukur dari bagian lekukan belakang lutut sampai ke penopang pijakan kursi roda alias footplates. Untuk menentukan tinggi pijakan kaki maka kamu perlu mengukur panjang kaki terlebih dahulu.

Tinggi Sandaran

5. Tinggi Sandaran
Tinggi sandaran umumnya diukur mulai dari alas tempat duduk sampai ke ketinggian tertentu. Untuk dapat bebas bergerak kamu harus menentukan tinggi sandaran, tergantung pada level cidera yang kamu alami.

Leave A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.