SMA Negeri 1 Lendah Mau Menerima Difabel Meski Tanpa Label Sekolah Inklusi

SMA Negeri 1 Lendah Mau Menerima Difabel Meski Tanpa Label Sekolah Inklusi

July 2, 2015
608 Views

SCI.OR.ID – Drs. Marsudi Raharjo, kepala SMA Negeri 1 Lendah, mengungkapkan sekolahnya menerima siswa difabel. Keterangan itu dikemukakannya saat wawancara penilaian rintisan desa inklusi Kecamatan Lendah, Kulon Progon pada Jum’at (26/6).

SMA Negeri 1 Lendah Mau Menerima Difabel Meski Tanpa Label Sekolah Inklusi

“Kami memang bukan sekolah yang ditunjuk oleh pemerintah sebagai sekolah inklusi, namun selama kami masih bisa melayani siswa difabel apa pun akan tetap kami layani. Kalau seperti Wahyu, salah satu siswa kami yang hanya memiliki kaki yang agak berbeda memang selama ini kami bisa malayani. Selain Wahyu, pernah ada pula siswa difabel yang memilki perbedaan pada tangan dan kami juga dapat melayaninya dengan baik,” ungkap Marsudi.

“Paling-paling kami cuma harus sabar, kalau seperti Wahyu kan memang kalau pelajaran olahraga gurunya harus sedikit lebih sabar, kalau Wahyunya tidak mampu melakukan ya tidak kami paksa. Ia kami beri tugas untuk ke perpustakaan membaca koran yang berkaitan dengan olahraga,” ungkap Marsudi

Marsudi mengungkapkan bahwa tidak menghalangi difabel jika ingin mendaftar di SMA Negeri 1 Lendah. “Misalnya nanti ada, akan kami usahakan dengan berbagai cara, misalnya ada tuli yang mendaftar atau kurang dapat melihat, maka mungkin akan kami usahakan untuk dapat duduk di depan agar dapat melihat gerak bibir dari gurunya atau dapat lebih jelas menerima materi pelajaran yang diberikan oleh guru,” pungkasnya. (Ajiwan Arief)

Sumber

Leave A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.